Minggu, 18 Oktober 2009

55% Pengguna iPod Terancam Gangguan Pendengaran

WASHINGTON - Sekira 55 persen pengguna iPod atau pemutar musik lainnya, terancam mengalami gangguan pendengaran karena terlalu sering mendengarkan musik dengan tingkat volume yang sangat tinggi.

Para peneliti dari University of Southern Mississippi, telah melakukan survei terhadap mahasiswa di universitasnya untuk mengetahui kebiasaan mendengarkan musik. Sebanyak 31 siswa diberikan iPod untuk mendengarkan lagu 'Summer of 69' milik Brian Adams.

Hasilnya sebanyak 55 persen menyetel volume iPod di atas 85 desibel atau masuk kategori sangat keras. Sedangkan 26 persen mendengarkan musik dengan kategori keras, sekira 70-85 desibel, dan hanya 19 persen saja yang mendengarkan musik di bawah level 70 desibel. Demikian dilansir Foxnews, Sabtu (17/10/2009).

Menurut juru bicara penelitian, sejauh ini memang belum banyak keluhan gangguan pendengaran dari para pengguna iPod. Tapi sebaiknya, hal ini menjadi catatan penting bagi para pemilik iPod dan pemutar musik lainnya.

Efek dari terlalu sering mendengarkan musik lewat earphone dengan volume suara yang tinggi akan dirasakan oleh pengguna dalam kurun waktu tiga tahu, di mana pengguna dapat terancam kehilangan pendengarannya secara permanen.

Selain itu, peneliti mengungkapkan, mendengarkan musik dengan level  di atas 85 desibel selama delapan jama merupakan hal yang sangat berbahaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar